Analisis SWOT: Contoh Penerapan Pada Produk Pribadi



Analisis SWOT adalah alat yang sangat sederhana, namun sangat membantu Anda untuk mengembangkan strategi bisnis, apakah Anda membangun bisnis atau mengembangkan perusahaan lebih baik lagi.

 

Pengertian Analisis SWOT

Sederhananya, SWOT adalah singkatan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman).

Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama Anda ke dalam daftar yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam bilah kisi-kisi yang sederhana.

Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) adalah berasal dari internal perusahaan Anda. hal-hal yang dapat Anda kontrol dan dapat berubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, paten dan properti intelektual Anda, dan lokasi Anda.

Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda pada pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.

Contoh Pertanyaan yang dapat membantu menginspirasi analisis Anda

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada tim Anda ketika sedang membangun analisis SWOT Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu menjelaskan setiap bagian dan memicu pemikiran kreatif pada tim.

Kekuatan (Strength)

Kekuatan atau Strength adalah poin internal dan positif dari perusahaan Anda. Ini adalah hal-hal yang berada dalam kendali Anda. Contohnya adalah

  • Proses bisnis apa yang berhasil?
  • Aset apa yang Anda miliki di tim Anda, seperti pengetahuan, pendidikan, jaringan, keterampilan, dan reputasi?
  • Aset fisik apa yang Anda miliki, seperti pelanggan, peralatan, teknologi, pendanaan, dan paten produk?
    Apa keunggulan kompetitif yang Anda miliki dibandingkan pesaing Anda?

Kelemahan (Weaknesses)

Kelemahan adalah faktor negatif yang mengurangi kekuatan Anda. Ini adalah hal-hal yang
Anda mungkin perlu tingkatkan agar menjadi lebnih kompetitif.

  • Adakah hal-hal yang Anda perlukan untuk membuat bisnis menjadi lebih kompetitif?
  • Proses bisnis apa yang perlu diperbaiki?
  • Apakah ada aset berwujud yang dibutuhkan perusahaan Anda, seperti pendanaan atau peralatan?
  • Apakah ada celah di tim Anda?
  • Apakah jabatan Anda ideal untuk menunjang kesuksesan Anda?

Peluang (Opportunities)

Peluang adalah faktor eksternal dalam lingkungan bisnis Anda yang cenderung berkontribusi pada kesuksesan bisnis.

  • Apakah market bisnis Anda berkembang dan apakah ada tren yang akan mendorong orang untuk membeli lebih banyak dari apa yang Anda jual?
  • Adakah acara atau event yang dapat dimanfaatkan perusahaan Anda dalam menumbuhkan pengembangan bisnis?
  • Apakah ada perubahan peraturan yang akan mempengaruhi perusahaan Anda secara positif?
  • Jika bisnis Anda terus erkembang, apakah itu berarti pelanggan membutuhkan produk Anda?

Ancaman (Threats)

Ancaman adalah faktor eksternal yang tidak dapat Anda kendalikan. Anda tetap harus mempertimbangkan hal ini untuk menempatkan rencana darurat dalam menangani masalah yang terjadi.

  • Apakah Anda memiliki pesaing potensial yang dapat memasuki pasar Anda?
  • Apakah pemasok akan selalu dapat memasok bahan baku yang Anda butuhkan dengan harga yang cocok
  • Bisakah perkembangan di masa depan dalam teknologi mengubah cara Anda melakukan bisnis?
  • Apakah perilaku konsumen berubah dengan cara yang dapat berdampak negatif bagi bisnis Anda?
  • Adakah tren pasar yang bisa menjadi ancaman?

Contoh Analisis SWOT Pada Bisnis Minuman


    Penulis memilih produk minuman di atas karena produk minuman tersebut merupakan salah satu produk yang pernah diproduksi oleh penulis semasa bersekolah di SMK Maitreyawira Batam dalam pemenuhan nilai untuk tugas berjualan pada lingkungan sekolah untuk mata pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan)

Kekuatan (Strength)


Strength merupakan unsur internal yang menjadi keunggulan dari suatu bisnis. Dalam bisnis minuman, analisisnya adalah sebagai berikut:

1.     Modal relatif kecil

2.     Harga bahan baku relatif murah

3.     Bahan baku mudah ditemukan

4.     Proses pembuatan mudah dan tergolong cepat

5.     Tidak perlu keahlian khusus

6.     Mudah dijalankan

7.     Manajemen bisnis sederhana

8.     Perputaran uang yang relatif cepat

Kelemahan (Weaknesses)


Selanjutnya yakni weakness, yaitu kekurangan internal dari bisnis yang dapat menghambat keberjalanan bisnis. Dalam bisnis minuman, analisisnya adalah sebagai berikut:

1.     Banyak minuman yang sifatnya musiman atau mengikuti tren

2.     Terdapat kemungkinan produk rusak (mencair, basi, dll)

3.     Minuman kekinian bukan kebutuhan primer

4.     Kurang memiliki keunikan atau nilai lebih

Peluang (Opportunities)

Unsur berikutnya adalah opportunity, yakni kesempatan bagi bisnis untuk semakin berkembang. Dalam bisnis minuman, analisisnya adalah sebagai berikut:

1.     Minuman cenderung dapat diterima seluruh kalangan usia, ekonomi, dan gender

2.   Solusi mengatasi kegerahan

3.   Adanya musim kemarau di Indonesia meningkatkan permintaan minuman

4.   Gaya hidup konsumtif

5.   Terdapat berbagai pilihan minuman dan rasa yang dapat disesuaikan dengan selera pasar


Ancaman (Threats)

Unsur terakhir adalah threat yang berisikan hal-hal yang dapat menghambat keberjalanan bisnis. Dalam bisnis minuman, analisisnya adalah sebagai berikut:

1.     Selera Konsumen berubah dengan cepat

2.     Banyaknya kompetitor bisnis minuman

3.     Berkurangnya minat masyarakat terhadap minuman tradisional

4.     Ekonomi tidak stabil

5.     Harga bahan baku dapat naik sewaktu-waktu

6.     Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula

7.     Maraknya kampanye hidup sehat

8.     Potensi permintaan yang menurun bila musim huj



REFERENSI:
https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-analisis-swot/
https://dailysocial.id/post/simak-analisis-swot-bisnis-minuman-berikut-ini-lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan media sosial (charlyna chang)

Strategi STP Es Lulon