Analisis SWOT: Contoh Penerapan Pada Produk Pribadi
Analisis
SWOT adalah alat yang sangat sederhana, namun sangat membantu Anda untuk
mengembangkan strategi bisnis, apakah Anda membangun bisnis atau mengembangkan
perusahaan lebih baik lagi.
Pengertian Analisis SWOT
Sederhananya, SWOT adalah singkatan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman).
Analisis SWOT mengatur
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama Anda ke dalam daftar yang
terorganisir dan biasanya disajikan dalam bilah kisi-kisi yang sederhana.
Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan)
adalah berasal dari internal perusahaan Anda. hal-hal yang dapat Anda kontrol
dan dapat berubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, paten dan
properti intelektual Anda, dan lokasi Anda.
Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman)
adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar
perusahaan Anda pada pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang
dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Contohnya
termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.
Contoh Pertanyaan yang dapat
membantu menginspirasi analisis Anda
Berikut adalah beberapa
pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada tim Anda ketika sedang membangun
analisis SWOT Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu menjelaskan setiap
bagian dan memicu pemikiran kreatif pada tim.
Kekuatan (Strength)
Kekuatan atau Strength adalah
poin internal dan positif dari perusahaan Anda. Ini adalah hal-hal yang berada
dalam kendali Anda. Contohnya adalah
- Proses bisnis apa yang berhasil?
- Aset apa yang Anda miliki di tim Anda,
seperti pengetahuan, pendidikan, jaringan, keterampilan, dan reputasi?
- Aset fisik apa yang Anda miliki,
seperti pelanggan, peralatan, teknologi, pendanaan, dan paten produk?
Apa keunggulan kompetitif yang Anda miliki dibandingkan pesaing Anda?
Kelemahan (Weaknesses)
Kelemahan adalah faktor
negatif yang mengurangi kekuatan Anda. Ini adalah hal-hal yang
Anda mungkin perlu tingkatkan agar menjadi lebnih kompetitif.
- Adakah hal-hal yang Anda perlukan
untuk membuat bisnis menjadi lebih kompetitif?
- Proses bisnis apa yang perlu
diperbaiki?
- Apakah ada aset berwujud yang dibutuhkan
perusahaan Anda, seperti pendanaan atau peralatan?
- Apakah ada celah di tim Anda?
- Apakah jabatan Anda ideal untuk
menunjang kesuksesan Anda?
Peluang (Opportunities)
Peluang adalah faktor
eksternal dalam lingkungan bisnis Anda yang cenderung berkontribusi pada
kesuksesan bisnis.
- Apakah market bisnis Anda
berkembang dan apakah ada tren yang akan mendorong orang untuk membeli
lebih banyak dari apa yang Anda jual?
- Adakah acara atau event yang dapat
dimanfaatkan perusahaan Anda dalam menumbuhkan pengembangan bisnis?
- Apakah ada perubahan peraturan yang
akan mempengaruhi perusahaan Anda secara positif?
- Jika bisnis Anda terus erkembang,
apakah itu berarti pelanggan membutuhkan produk Anda?
Ancaman (Threats)
Ancaman adalah faktor
eksternal yang tidak dapat Anda kendalikan. Anda tetap harus mempertimbangkan
hal ini untuk menempatkan rencana darurat dalam menangani masalah yang terjadi.
- Apakah Anda memiliki pesaing potensial
yang dapat memasuki pasar Anda?
- Apakah pemasok akan selalu dapat
memasok bahan baku yang Anda butuhkan dengan harga yang cocok
- Bisakah perkembangan di masa depan
dalam teknologi mengubah cara Anda melakukan bisnis?
- Apakah perilaku konsumen berubah
dengan cara yang dapat berdampak negatif bagi bisnis Anda?
- Adakah tren pasar yang bisa menjadi
ancaman?
Contoh Analisis SWOT Pada Bisnis Minuman
Kekuatan (Strength)
1. Modal
relatif kecil
2.
Harga bahan baku relatif murah
3.
Bahan baku mudah ditemukan
4.
Proses pembuatan mudah dan tergolong cepat
5.
Tidak perlu keahlian khusus
6.
Mudah dijalankan
7.
Manajemen bisnis sederhana
8. Perputaran uang yang relatif cepat
Kelemahan (Weaknesses)
1.
Banyak minuman yang sifatnya musiman atau mengikuti tren
2.
Terdapat kemungkinan produk rusak (mencair, basi, dll)
3.
Minuman kekinian bukan kebutuhan primer
4. Kurang memiliki keunikan atau nilai lebih
Peluang (Opportunities)
Unsur berikutnya
adalah opportunity, yakni kesempatan bagi bisnis untuk semakin
berkembang. Dalam bisnis minuman, analisisnya adalah sebagai berikut:
1. Minuman cenderung dapat diterima seluruh kalangan usia, ekonomi, dan gender
2. Solusi mengatasi kegerahan
3. Adanya musim kemarau di Indonesia meningkatkan permintaan
minuman
4. Gaya hidup konsumtif
5. Terdapat berbagai pilihan minuman dan rasa yang dapat
disesuaikan dengan selera pasar
Ancaman (Threats)
Unsur terakhir
adalah threat yang berisikan hal-hal yang dapat menghambat
keberjalanan bisnis. Dalam bisnis minuman, analisisnya adalah sebagai berikut:
1.
Selera Konsumen berubah dengan cepat
2.
Banyaknya kompetitor bisnis minuman
3.
Berkurangnya minat masyarakat terhadap minuman tradisional
4.
Ekonomi tidak stabil
5.
Harga bahan baku dapat naik sewaktu-waktu
6.
Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengurangi konsumsi
gula
7.
Maraknya kampanye hidup sehat
8. Potensi permintaan yang menurun bila musim huj
Komentar
Posting Komentar