Strategi STP Es Lulon
Apa Itu Strategi STP?
STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting, dan Positioning. Strategi STP pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek kepada konsumen dengan sedemikian rupa, hal tersebut dilakukan agar merek tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif.
Lalu bagaimana menerapkan STP Marketing yang tepat? Berikut merupakan tiga langkah dalam menerapkan STP Marketing:
A. Segmentasi Pasar (Segmenting)
Terdapat empat jenis segmentasi pasar yang dapat kamu terapkan:
1. Segmentasi Demografis
Pada segmentasi ini yang perlu kamu perhatikan adalah umur, gender etnis, status pernikahan, pekerjaan dan lain sebagainya. Kamu perlu perhatikan segmentasi ini apakah sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan atau tidak. Fungsinya adalah agar lebih memudahkan kamu dalam menentukan calon pelanggan sebagai target pasar.
2. Segmentasi Geografis
Segmentasi pasar geografis yaitu berdasarkan negara, provinsi, kota dan tingkat populasinya. Berdasarkan segmentasi ini, kamu perlu mengetahui secara rinci tentang domisili dari target pelanggan kamu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengenali budaya dan cara komunikasi calon pelanggan
3. Segmentasi Psikografis
Segmentasi ini bertujuan agar kamu lebih mengenal siapa target pelanggan kamu secara lebih jelas, termasuk kecenderungan dan kebiasan mereka ketika melakukan kegiatan jual beli. Kamu perlu tahu kelas sosial, gaya hidup, hobi, sampai dengan ketertarikan mereka terhadap tren tertentu
4. Segmentasi Perilaku
Pada segmentasi ini dibagi berdasarkan kebiasaan konsumen dalam membeli sebuah produk. Seperti bagaimana konsumen menggunakan produk dari tingkat loyalitasnya atau manfaatnya yang dicari.
B. Penentuan Pasar Sasaran (Targeting)
Komponen kedua adalah targeting atau menetapkan target pasar yang ingin Anda sasar. Targeting merupakan tindakan menilai ketertarikan dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian menentukan segmen pasar mana yang akan Anda jadikan sebagai target pasar.
Terdapat empat strategi yang bisa Anda pilih dalam melakukan targeting diantaranya:
1. Undifferentiated targeting strategy
menjelaskan bahwa strategi ini ditujukan untuk pasar besar dengan kebutuhan yang serupa. Maka dari itu, di dalamnya hanya akan ada satu jenis pemasaran yang diterapkan untuk melayani semua jenis pasar. Perusahaan hanya mendapat peluang untuk mengoptimalkan produksi, distribusi dan periklanan massa untuk mendapatkan citra terbaik dari konsumen secara mayoritas.
2. Differentiated targeting strategy
menjelaskan bahwa perusahaan memproduksi berbagai produk dengan masing-masing ciri yang berbeda. Setiap konsumen tentu saja menginginkan variasi produk yang beragam, sehingga Anda harus berupaya menawarkan beberapa jenis produk sesuai permintaan pasar
3. Concentrated targeting strategy
perusahaan hanya berfokus menawarkan jenis produk tertentu dalam satu segmen yang dinilai paling berpeluang pasar.
4. Custom targeting strategy
ditujukan pada pendekatan konsumen yang bersifat individual.
Tidak hanya Anda pilih melainkan Anda juga dapat mengombinasikan keempatnya untuk mengembangkan bisnis. Sehingga, targeting menjadi bagian penting dari strategi segmenting, targeting, dan positioning.
C. Pemosisian Produk (Positioning)
1. Undifferentiated targeting strategy
menjelaskan bahwa strategi ini ditujukan untuk pasar besar dengan kebutuhan yang serupa. Maka dari itu, di dalamnya hanya akan ada satu jenis pemasaran yang diterapkan untuk melayani semua jenis pasar. Perusahaan hanya mendapat peluang untuk mengoptimalkan produksi, distribusi dan periklanan massa untuk mendapatkan citra terbaik dari konsumen secara mayoritas.
2. Differentiated targeting strategy
menjelaskan bahwa perusahaan memproduksi berbagai produk dengan masing-masing ciri yang berbeda. Setiap konsumen tentu saja menginginkan variasi produk yang beragam, sehingga Anda harus berupaya menawarkan beberapa jenis produk sesuai permintaan pasar
3. Concentrated targeting strategy
perusahaan hanya berfokus menawarkan jenis produk tertentu dalam satu segmen yang dinilai paling berpeluang pasar.
4. Custom targeting strategy
ditujukan pada pendekatan konsumen yang bersifat individual.
Tidak hanya Anda pilih melainkan Anda juga dapat mengombinasikan keempatnya untuk mengembangkan bisnis. Sehingga, targeting menjadi bagian penting dari strategi segmenting, targeting, dan positioning.
C. Pemosisian Produk (Positioning)
Strategi STP Es Lulon
- Segmentasi demografis dari minuman ini dimulai dari anak-anak hingga dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Sebagai produk minuman yang mengandung susu dan jelly, produk ini harganya tetap terjangkau, hanya Rp7.000/botol.
- Segmentasi geografis dari produk ini ialah kenalan terdekat seperti saudara dan khusunya siswa/siswi dari SMA/SMK Maitreyawira Batam.
- Segmentasi psikografis produk ini ditargetkan kepada mereka yang menyukai minuman manis yang menyegarkan.
- Segmentasi perilaku produk ini ditargetkan kepada mereka yang senang dengan minuman manis yang menyegarkan.
- Kenalan terdekat
- Siswa SMA/K Maitreyawira Batam.
- Minuman jelly berbentuk lumut yang enak, manis dan segar.
Komentar
Posting Komentar