Strategi Pemasaran Lunch Box Jerami Gandum
Strategi Pemasaran: SWOT, STP, Marketing Mix
A. Analisis SWOT
Sederhananya, SWOT adalah singkatan dari strenghts (Kekuatan), weaknesses
(kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman).
Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman
utama Anda ke dalam daftar yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam bilah
kisi-kisi yang sederhana.
Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan)
adalah berasal dari internal perusahaan Anda. hal-hal yang dapat Anda kontrol
dan dapat berubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, paten dan
properti intelektual Anda, dan lokasi Anda.
Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) adalah
hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar
perusahaan Anda pada pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang
dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Contohnya
termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.
B. STP (Segmenting, Targeting, Positioning)
1.
Segmenting
Segmentation atau biasa disebut dengan segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil
berdasarkan karakteristik tertentu, seperti demografis, geografis, psikografis, dan
perilaku konsumen. Dengan melakukan
segmentasi pasar, kamu dapat lebih mudah menjalankan promosi bisnis.
2.
Targeting
Targeting merupakan tindakan
menilai ketertarikan dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian menentukan
segmen pasar mana yang akan Anda jadikan sebagai target pasar. Terdapat empat strategi yang bisa Anda
pilih dalam
melakukan targeting diantaranya Undifferentiated
targeting strategy,
Differentiated targeting strategy, Concentrated targeting strategy, Custom targeting strategy
3.
Positioning
Positioning atau penempatan produk yang merupakan upaya untuk
menempatkan posisi produk dalam menghadapi persaingan. Pengembangan strategi
pemasaran ini bertujuan untuk mempengaruhi tentang bagaimana suatu segmen pasar
tertentu menilai produk maupun jasa ketika dibandingkan dalam kompetisi pasar.
Sementara, dalam menentukan posisi pasar Anda harus menunjukkan bahwa produk
bisa dibedakan dari kompetitornya.
C. Marketing Mix
Dalam dunia marketing,
kamu pasti sudah akrab dengan istilah marketing mix atau
bauran pemasaran. Marketing mix adalah konsep penting dalam
dunia pemasaran atau marketing yang diperkenalkan pertama kali oleh seorang
akademisi bernama Jerome McCarthy pada tahun 1960-an.
Awalnya, konsep ini dikenal juga sebagai bauran pemasaran
atau 4P (Product, Price, Place, Promotion). Namun, seiring berjalannya
waktu, konsep marketing mix berkembang menjadi 7P (Product, Price, Place,
Promotion, People, Process, Physical Evidence).
Analisis Strategi Pemasaran Pada Lunch Box Jerami
Gandum
Untuk
mempermudah kamu memahami materi “Strategi Pemasaran: SWOT, STP, Marketing Mix”
ini, lihatlah contoh analisis strategi pemasaran tersebut dibawah ini
1. Strenght
- Terbuat dari bahan yang ramah lingkungan
- Segmentasi geografis: penduduk manapun bisa, terkhusu didaerah perkotaan.
2. Price
3. Place
4. Promotion
5. People
6. Process
7. Physical Evidence
Produk ini terbuat dari bahan jerami gandum yang berkualitas dan juga desainnya yang beragam telah dilengkapi dengan sendok, garpu, dan sumpit.
Komentar
Posting Komentar