Strategi Pemasaran Lunch Box Jerami Gandum

Strategi Pemasaran: SWOT, STP, Marketing Mix

haloo, para pencari ilmu bisnis! Tahukah kamu bahwa ada 3 jenis strategi umum yang digunakan dalam pemasaran? Ketiga strategi itu ialah Analisis SWOT, STP, dan Marketing Mix, mari kita simak penjelasan berikut.

A.    Analisis SWOT

Sederhananya, SWOT adalah singkatan dari strenghts (Kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman).

Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama Anda ke dalam daftar yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam bilah kisi-kisi yang sederhana.

Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) adalah berasal dari internal perusahaan Anda. hal-hal yang dapat Anda kontrol dan dapat berubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, paten dan properti intelektual Anda, dan lokasi Anda.

Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda pada pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.

B.    STP (Segmenting, Targeting, Positioning)


1.        Segmenting

Segmentation atau biasa disebut dengan segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu, seperti demografis, geografis, psikografis, dan perilaku konsumen. Dengan melakukan segmentasi pasar, kamu dapat lebih mudah menjalankan promosi bisnis. 

2.       Targeting

Targeting merupakan tindakan menilai ketertarikan dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian menentukan segmen pasar mana yang akan Anda jadikan sebagai target pasar. Terdapat empat strategi yang bisa Anda pilih dalam melakukan targeting diantaranya Undifferentiated targeting strategy, Differentiated targeting strategy, Concentrated targeting strategy,  Custom targeting strategy

3.       Positioning

Positioning atau penempatan produk yang merupakan upaya untuk menempatkan posisi produk dalam menghadapi persaingan. Pengembangan strategi pemasaran ini bertujuan untuk mempengaruhi tentang bagaimana suatu segmen pasar tertentu menilai produk maupun jasa ketika dibandingkan dalam kompetisi pasar. Sementara, dalam menentukan posisi pasar Anda harus menunjukkan bahwa produk bisa dibedakan dari kompetitornya.

C.    Marketing Mix

Dalam dunia marketing, kamu pasti sudah akrab dengan istilah marketing mix atau bauran pemasaran. Marketing mix adalah konsep penting dalam dunia pemasaran atau marketing yang diperkenalkan pertama kali oleh seorang akademisi bernama Jerome McCarthy pada tahun 1960-an.

Awalnya, konsep ini dikenal juga sebagai bauran pemasaran atau 4P (Product, Price, Place, Promotion). Namun, seiring berjalannya waktu, konsep marketing mix berkembang menjadi 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence).

Analisis Strategi Pemasaran Pada Lunch Box Jerami Gandum

Untuk mempermudah kamu memahami materi “Strategi Pemasaran: SWOT, STP, Marketing Mix” ini, lihatlah contoh analisis strategi pemasaran tersebut dibawah ini

A.      Analisis SWOT
1.        Strenght
-          Terbuat dari bahan yang ramah lingkungan
-          Banyak pilihan bentuk dan warna yang bervariasi dan menarik
-          Ukurannya pas mudah dibawa kemanapun
-          Harga sangat terjangkau
2.       Weaknesses
-          Belum resisten dengan suhu yang terlalu panas
-          Belum anti bocor
-          Mudah pecah karena tipis
-          Image belum bagus
3.       Opportunities
-          Mampu menarik kalangan ekonomi menengah kebawah
-          Segmen target semakin luas
-          Membanyak varian produk
4.      Threat
-          Banyak pesaing dengan tawaran jenis produk yang lebih menarik
-          Adanya peniru produk
-          Kesulitan mendapat bahan baku
B.      STP
1.        Segmeting
-          Segmentasi demografis: semua orang bisa menggunkan lunchbox ini mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.
-          Segmentasi geografis: penduduk manapun bisa, terkhusu didaerah perkotaan.
-          Segmentasi psikografis: produk ini ditargetkan kepada mereka yang memiliki gaya hidup sederhana, kelas sosial menengah kebawah.
-          Segmentasi perilaku: produk ini ditargetkan kepada mereka yang suka membawa makan menggunakan kotak bekal.
2.       Targeting
-          Targetnya adalah konsumen yang bergaya hidup sederhana
3.       Positioning
-          Yang membedakan produk ini dengan kompetitor ialah aman terbuat dari bahan ramah lingkungan yaitu jerami gandum dan murah
C.      Marketing Mix
1.        Product

        Lunchbox ini merupakan kotak bekal yang terbuat dari jerami gandum, dimana bahna ini sangat aman dan ramah lingkungan. Memiliki banyak variasi produk, ada yang bentuk bulat, persegi, dan persegi panjang.
2.       Price

        Harga produk kami cukup terjangkau dimana hanya seharga Rp18.000-Rp40.000-an, dengan harga yang murah tersebut kami harap target pasar kami dapat semakin luas dan dapat dijangkau oleh kelas sosial manapun.
3.       Place
        Kami terletak di Luckymart SMK Maitreyawira Batam, dengan alamat lengkap Kompleks Maha Vihara Duta Maitreya, Sungai Panas, Kec. Batam Kota, Kota Batam
4.      Promotion

        Selain penjualan di Luckymart, produk ini juga dijual di Shopee. bisa juga melalui DM Instagram.
5.       People
        Saat ini anggota yang bertanggungjawab atas penjualan dari produk lunchbox ini adalah peserta didik SMK Maitreyawira Batam.
6.       Process
        Telah menerapkan proses yang efektif yaitu dapat membelinya lewat onlineshop shopee dimana konsumen dapat membelinya dimanapun dan kapanpun.
7.       Physical Evidence
        Produk ini terbuat dari bahan jerami gandum yang berkualitas dan juga desainnya yang beragam telah dilengkapi dengan sendok, garpu, dan sumpit.
Gimana? sekarang udah paham kan sama ketiga strategi pemasaran tersebut. semoga bermanfaat
Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan media sosial (charlyna chang)

Strategi STP Es Lulon

Analisis SWOT: Contoh Penerapan Pada Produk Pribadi