Marketing Mix Pada Produk Minuman Es Lulon

Marketing Mix Es Lulon

sumber: https://www.mitologiinspira.com/wp-content/uploads/2020/02/7P-Marketing-Mix-dan-Mengaplikasikan-dalam-Strategi-Marketing-648x324.jpg


        Haii semuaaa, selamat datang kembali diblog kami, kali ini kami akan membahas tentang apa itu marketing mix dan apa saja marketing mix yang terdapat pada usaha kami yaitu "Es Lulon"

Apa Itu Marketing Mix

sumber: https://www.qiscus.com/id/wp-content/uploads/sites/2/2021/07/marketing-mix.jpg

Dalam dunia marketing, kamu pasti sudah akrab dengan istilah marketing mix atau bauran pemasaran. Marketing mix adalah konsep penting dalam dunia pemasaran atau marketing yang diperkenalkan pertama kali oleh seorang akademisi bernama Jerome McCarthy pada tahun 1960-an.

Awalnya, konsep ini dikenal juga sebagai bauran pemasaran atau 4P (Product, Price, Place, Promotion). Namun, seiring berjalannya waktu, konsep marketing mix berkembang menjadi 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence). Dalam artikel ini, yuk kita bahas lebih mendalam tentang 7P ini dan kita coba analisis pada produk kami.

Marketing Mix Es Lulon

1. Product (produk)

 

Produk yang kami tawarkan adalah minuman segar berupa Es Lumut dengan nama merek dagang “Es Lulon”. Minuman ini berisikan es susu yang segar bercampur dengan jelly berbentuk lumut yang tampak menarik.

2.      2. Place (tempat)

sumber: https://www.intotheminds.com/blog/app/uploads/marketing-mix-place.jpg

Untuk lokasi usaha kami, dikarenakan usaha kami adalah usaha untuk pemenuhan nilai tugas PKK, kami menggunakan media online untuk promosi produk, jadi kami memproduksi produk di lokasi yang tidak terlalu strategis untuk dijangkau konsumen, yaitu di Bandar Srimas Blok C No. 7.

3.  3. Price (harga)

sumber: https://www.intotheminds.com/blog/app/uploads/marketing-mix-price.jpg

Harga dari produk kami cukup terjangkau, yaitu seharga 7 ribu rupiah. Oleh karena itu, produk kami dapat dengan mudah dinikmati oleh konsumen kelas menengah ke bawah. Kami memasarkan produk “Es Lulon” dengan harga murah karena harapan kami adalah konsumen akan datang membeli kembali. Kami ingin membangun image “minum enak gaperlu mahal”.

4.      4. Promotion (promosi)

sumber: https://www.intotheminds.com/blog/app/uploads/marketing-mix-promotion.jpg

Cara promosi dari usaha kami adalah dengan menyebarkan poster promosi dimedia sosial, mulai dari Whatsapp dan Instagram. Dengan cara ini, kami dapat menghemat modal dalam membuka usaha dan meningkatkan jangkauan usaha kami dalam mempromosi produk kami, sehingga banyak orang dapat menikmati minuman segar yang nikmat.

5.     5. People (orang)

sumber: https://www.intotheminds.com/blog/app/uploads/marketing-mix-people-1024x341.jpg 

Kami selalu mengutamakan konsumen, kami selalu berusaha untuk memuaskan konsumen dengan cara memberi respon secara cepat saat konsumen mengirim pesan pada kami, adanya kompensasi jika konsumen tidak puas dengan produk kami, dan masih banyak layanan kami lainnya untuk menjamin konsumen puas dengan pelayanan kami.

6.      6. Physical Evidence (Bukti fisik)

sumber: https://www.intotheminds.com/blog/app/uploads/marketing-mix-physical-evidence-1024x341.jpg 

Kemasan produk kami merupakan botol plastik berbentuk pir yang transparan, sehingga produk dapat terlihat langsung oleh konsumen dan tampilannya terlihat imut. Oleh karena itu, produk kami akan terlihat menarik di mata konsumen.

7.     7. Process (proses)

sumber: https://www.intotheminds.com/blog/app/uploads/marketing-mix-process-1024x341.jpg

Dalam melaksanakan kegiatan usaha ini, pertama-tama kami mempromosikannya kepada teman sekelas di sekolah. Saat pulang ke rumah, kami akan promosi melalui media sosial untuk menambah konsumen yang diluar jangkauan sekolah. Setelah itu, data pesanan konsumen dibuat barulah proses produksi dilaksanakan sehari sebelum produk dijualkan.

             Sekian dari blog marketing mix usaha saya yaitu Drink It, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan silahkan tinggalkan pesan di komentar.

Referensi:
https://drinkitid.blogspot.com/2022/10/marketing-mix-drink-it.html
https://instiki.ac.id/2023/04/18/apa-itu-marketing-mix-mengenal-marketing-mix-7p/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan media sosial (charlyna chang)

Strategi STP Es Lulon

Analisis SWOT: Contoh Penerapan Pada Produk Pribadi