Marketing Mix Pada Produk Minuman Es Lulon
Marketing Mix Es Lulon
Apa Itu Marketing Mix
Dalam dunia marketing,
kamu pasti sudah akrab dengan istilah marketing
mix atau bauran pemasaran. Marketing
mix adalah konsep penting dalam dunia pemasaran atau marketing yang
diperkenalkan pertama kali oleh seorang akademisi bernama Jerome McCarthy pada
tahun 1960-an.
Awalnya, konsep ini dikenal
juga sebagai bauran pemasaran atau 4P (Product,
Price, Place, Promotion). Namun, seiring berjalannya waktu, konsep
marketing mix berkembang menjadi 7P (Product,
Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence). Dalam
artikel ini, yuk kita bahas lebih mendalam tentang 7P ini dan
kita coba analisis pada produk kami.
Marketing Mix Es Lulon
Produk yang kami tawarkan adalah minuman segar berupa
Es Lumut dengan nama merek dagang “Es Lulon”. Minuman ini berisikan es susu
yang segar bercampur dengan jelly berbentuk lumut yang tampak menarik.
2. 2. Place
(tempat)
Untuk lokasi usaha kami,
dikarenakan usaha kami adalah usaha untuk pemenuhan nilai tugas PKK, kami menggunakan
media online untuk promosi produk, jadi kami memproduksi produk di lokasi yang
tidak terlalu strategis untuk dijangkau konsumen, yaitu di Bandar Srimas Blok C
No. 7.
3. 3. Price
(harga)
Harga dari produk kami cukup
terjangkau, yaitu seharga 7 ribu rupiah. Oleh karena itu, produk kami dapat
dengan mudah dinikmati oleh konsumen kelas menengah ke bawah. Kami memasarkan produk “Es Lulon”
dengan harga murah karena harapan kami adalah konsumen akan datang membeli kembali. Kami ingin
membangun image “minum enak gaperlu mahal”.
4. 4. Promotion (promosi)
Cara promosi dari usaha
kami adalah dengan menyebarkan poster promosi dimedia sosial, mulai dari
Whatsapp dan Instagram. Dengan cara ini, kami dapat menghemat modal dalam
membuka usaha dan meningkatkan jangkauan usaha kami dalam mempromosi produk
kami, sehingga banyak orang dapat menikmati minuman segar yang nikmat.
5. 5. People (orang)
Kami selalu mengutamakan
konsumen, kami selalu berusaha untuk memuaskan konsumen dengan cara memberi
respon secara cepat saat konsumen mengirim pesan pada kami, adanya kompensasi
jika konsumen tidak puas dengan produk kami, dan masih banyak layanan kami
lainnya untuk menjamin konsumen puas dengan pelayanan kami.
6. 6. Physical Evidence (Bukti fisik)
Kemasan produk kami merupakan botol plastik berbentuk
pir yang transparan, sehingga produk dapat terlihat langsung oleh konsumen dan
tampilannya terlihat imut. Oleh karena itu, produk kami akan terlihat menarik
di mata konsumen.
7. 7. Process (proses)
Dalam melaksanakan
kegiatan usaha ini, pertama-tama kami mempromosikannya kepada teman sekelas di
sekolah. Saat pulang ke rumah, kami
akan promosi melalui media sosial untuk menambah konsumen yang diluar jangkauan sekolah. Setelah itu, data pesanan konsumen
dibuat barulah proses produksi dilaksanakan sehari sebelum produk dijualkan.
Sekian dari blog marketing mix usaha saya yaitu Drink It, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan silahkan tinggalkan pesan di komentar.
https://drinkitid.blogspot.com/2022/10/marketing-mix-drink-it.html
Komentar
Posting Komentar